Toffin

Toffin Turut Meramaikan Event Jakarta Eat Festival 2019

Tony Arifin, CEO Toffin Indonesia

H.E Vittorio Sandalli, Duta Besar Italia untuk Indonesia, Tony Arifin, CEO Toffin Indonesia, Sandiaga Uno (masih berstatus Wakil Gubernur DKI Jakarta), dan Fabio Ceccarani, CEO SImonelli Group 

Dale Harris, WBC Champion 2017, memberikan pengarahan saat di Jakarta Champion Hub 2019

Hidenori Izaki, WBC Champion 2014, saat di acara Jakarta Champions Hub 2019

Meracik Kopi Nikmat Bersama Toffin di Jakarta Eat Festival 2019

Tradisi minum kopi sambil kongko-kongko sudah menjadi gaya hidup keseharian masyarakat di kota-kota besar. Seperti pepatah “ada gula, ada semut”, lalu menjamurlah kedai kopi atau populer disebut coffee shop di mana-mana. Dan, bisnis yang berhubungan dengan kopi pun terbawa ikut panen raya.

Jakarta Eat Festival (JEF) 2019 juga tidak mau ketinggalan dengan euforia kopi. JEF menggandeng Toffin, distributor berbagai mesin kopi berkelas internasional untuk ikut berpartisipasi meramaikan event kuliner tahunan yang diprakarsai Svida Alisjahbana, CEO GCM Group ini. 

Kehadiran Toffin dalam JEF 2019 tentu disambut antusias para penggemar kopi, karena Toffin adalah agen tunggal pemegang 20 merek mesin dan peralatan kopi di Indonesia. Menurut Tony Arifin, CEO PT Toffin Indonesia, sejak pasar kopi berkembang, permintaan mesin kopi dan ingredients-nya pun ikut meningkat. “Diperkirakan pasar tumbuh lebih dari 20%,” ujar Tony. Toffin sendiri menurut Tony sudah memiliki 85% pangsa pasar ini dan terus berupaya mengakomodasi minat masyarakat yang ingin mengenal lebih lanjut mengenai kopi dan industrinya.

Memiliki Ruang Pamer Terbesar

Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2007 ini berkomitmen untuk menumbuhkan bisnis food & beverage khususnya kedai kopi melalui produk berkualitas hingga jasa konsultasi bisnis, pengembangan menu, pelatihan barista, serta perawatan dan suku cadang mesin kopi. Untuk mendukung program-program tersebut, Toffin dengan membuka showroom seluas 1.400 meter persegi, menjadikannya showroom kopi terbesar dan termewah pertama di Indonesia. Showroom Toffin pertama tersebut resmi dibuka di Kawasan Pluit Jakarta pada pertengahan Juli 2018 oleh Sandiaga Uno, yang waktu itu masih berstatus Wakil Gubernur DKI Jakarta. 

Menurut Tony, Toffin Coffee Showroom akan menjadi ‘The Creative Hub for Coffee Enthusiast’ atau tempat berinovasi dan berkreativitas bagi para pencinta dan pebisnis kopi. Sebagai training center, Toffin Coffee Showroom akan menghadirkan sejumlah kelas atau pelatihan rutin terkait pembelajaran tentang kopi, pelatihan barista, pelatihan latte art, merawat peralatan dan mesin kopi, hingga menjadi co-working space. Sementara itu, sebagai business development center, Toffin Coffee Showroom akan membantu calon pengusaha untuk merancang bisnis kedai kopi, mengenal peralatan dan mesin kopi terbaik, pengembangan menu yang inovatif, dan penjualan suku cadang.

Kemegahan showroom sudah bisa dirasakan mulai dari lantai dasar yang menampilkan koleksi premium dari Victoria Arduino. Ke arah selatan, produk-produk dari Nouva Simonelli berjajar apik dengan varian tipe dan model yang beragam. Pada lantai ini pula, pengunjung bisa mempelajari seluk beluk kopi, mengenal tokoh kopi dunia, hingga tren kopi pada sebuah multimedia. Lantai ini akan dijadikan tempat untuk co-working space yang berkaitan tentang kopi ataupun kompetisi kopi.

Beranjak ke lantai dua, pengunjung disambut oleh Hario Jepang yang menguasai pangsa pasar manual brew di Indonesia. Di sebelahnya ada mesin kopi VBM dan water filtration untuk menghasilkan cita rasa kopi yang maksimal dari BWT Water+more yang merupakan pemimpin pasar dunia. Ada juga mesin blender dan grinder dari berbagai merek dengan corak, warna, dan bentuk.

Untuk training skill disediakan tiga ruang (creative lab) bersekat kaca. Di ruang ini, pengunjung bisa belajar pembuatan kopi, barista, hingga eksperimen membuat varian minuman berbahan dasar kopi ataupun mocktail dan cocktail.

Dale Harris, World Barista Champion 2017, mengungkapkan kebahagiaannya bisa bertemu dengan pecinta kopi di Indonesia. Dalam kunjungannya, jawara dunia ini memperkenalkan mesin penggiling kopi generasi terbaru dari Victoria Arduino, Mythos 2. “Ini tempat yang keren. Semoga tempat ini bisa menjadi referensi untuk menimba ilmu dan mencari tahu mesin kopi terbaik kelas dunia,” katanya. 

Sementara itu, Fabio Ceccarani, CEO Simonelli Group, mengatakan, pihaknya sangat senang bisa bersinergi dengan Toffin Indonesia. Sebagai mitra kerja sekaligus produsen mesin kopi Nouva Simonelli dan Victoria Arduino, ia optimis Toffin bisa meningkatkan dan memperkenalkan mereknya ke pasar yang lebih luas. “Persaingan mesin kopi di Indonesia cukup kompetitif. Hal itu bisa dilihat dari begitu banyaknya merek mesin kopi global yang meramaikan pasar Indonesia. Tetapi dengan track record dan pengalaman selama belasan tahun, saya yakin Toffin bisa menjaga posisinya sebagai pemimpin pasar mesin kopi di Indonesia,” ungkap Fabio.

Hingga kini Toffin terhubung dengan ribuan mitra mulai dari kedai kopi, kafe, restaurant, hotel, club, hingga perkantoran. Mulai dari skala kecil, sedang, besar hingga international chain cafe/restaurant, antara lain Starbuck Reserve, Coffee Beans & Tea Leaf, Dunkin Donut, KFC, J.Co., Warung Upnormal, Tanamera, Filosofi Kopi, Calibrate Coffee, Markobar, Ruang Seduh, First Crack Coffee, dan masih banyak lagi.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 5 =