Cheating Saat Diet, Bolehkah?

Rumusan kalori (kkal) maksimal yang bisa dikonsumsi agar berat badan stabil adalah Body Weight (pounds) x 13-17.

Jadi, misalnya jika hasilnya adalah 1500 kkal. Maka seseorang sebaiknya tidak makan melebihi perhitungan itu, jika tidak ingin berat badannya bertambah. Untuk bisa tahu jumlah kkal setiap makanan yang dikonsumsi, bisa menggunakan aplikasi penghitung kalori. Salah satu yang paling popular adalah myfitnesspal.

“Nah, jika ingin kurus, maka triknya kurangilah sebesar 20% dari batas perhitungan kkal yang didapat,” saran Michelle. Jika ini konsisten diterapkan, maka pelan-pelan tubuh akan melepaskan lemaknya sehingga menjadi lebih kurus.  “Bisa turun sampai setengah kilo per minggu,” katanya.

Tentu saja akan menyiksa jika kita terus menerus berdiet. Sehingga tidak ada salahnya untuk ‘cheating’ di akhir pekan misalnya.

“Tubuh kita mengandung air, otot, dan lemak. Tubuh kita tentu saja ingin mempertahankannya. Ada hormon yang akhirnya membuat diri kita craving akan makanan manis karena mekanisme tubuh yang berupaya mendapatkan energi secara cepat. Dengan bersikap fleksibel akan apa yang ingin Anda makan di akhir pekan akan membuat hormon lapar Anda terpuaskan. Jangan terus-terusan makan brokoli, sesekali makan junk food tak apa-apa.” Saran Michelle.

Lebih jauh Michelle mengingatkan, jangan pernah mengandalkan alat penimbang badan untuk bisa mengukur seberapa sukses diet. Tapi, coba ambil foto dengan hanya mengenakan pakaian dalam. Dari situ Anda bisa melihat secara visual perubahan bentuk tubuh Anda.  (f)

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 3 =