Maksimalkan Bisnis Anda Melalui Media Sosial

Apakah mungkin membesarkan bisnis dengan memanfaatkan platform media sosial? Jawabannya mengemuka pada sesi pembuka event kuliner Jakarta Eat Festival (JEF) 2019, Kamis (29/8). Mengawali rangkaian pagelaran JEF, digelar workshop bertema ‘Optimizing Social Media for Your Business’. Hadir sebagai pembicara, yakni Ola Harika, pemilik Little Thoughts Planner, Wiwik Wae, Social Media Experts, dan Hadi Surya Koe, Head of Marketing GrabFood Indonesia. Acara ini dipandu oleh Harsya Subandrio, penyiar radio di Delta FM Jakarta yang dikenal jenaka sehingga membuat suasana pagi itu terasa hangat.

Kehadiran media sosial, menurut Ola, sangat membantu perkembangan bisnis jasa pesta ulang tahun anak-anak yang dimilikinya. “Media sosial bisa dijadikan portofolio bisnis,” ungkapnya. Dari media sosial, calon klien bisa melihat hasil karya yang sudah pernah kerjakan Ola. 

Hal ini diamini oleh Wiwik Wae. Menurut Wiwik, “Aktivitas warganet menjadi ceruk yang strategis bagi pemasaran sebuah produk. Penelitian yang dilakukan oleh We Are Social pada 2016 menyatakan dari 7,395 miliar populasi dunia, ada 2,307 miliar orang yang aktif menggunakan jejaring sosial. Di Asia Tenggara, terdapat 234 juta pengguna atau sebanyak 30 persen dari total populasi yang aktif di internet.” 

Namun begitu, lanjut Wiwik, sebelum memulai, pebisnis harus menentukan tujuan dan pasar dari bisnis yang akan dijalani. “Hal ini akan menentukan platform mana yang sebaiknya harus dilakukan, karena setiap platform punya karakter yang berbeda,” jelas Wiwik.

Sementara itu, Hadi Surya Koe mengatakan, “Kami terus membangun awareness dengan menciptakan powerful content, demi memberikan kepuasan pelanggan melalui GrabFood.” Melalui konten yang kuat, menurut Hadi, peluang suatu bisnis untuk viral di masyarakat cukup terbuka luas. Hal itu telah dibuktikan oleh GrabFood yang cukup sering menciptakan konten dengan tingkat respons netizen yang terbilang tinggi.

Dari ketiga pembicara workshop dapat ditarik kesimpulan bahwa karakter media sosial menjadi kekuatan untuk sarana memasarkan suatu produk. Jadi, jangan ragu untuk mempromosikan bisnis Anda lewat media sosial!