Chef Oka Diputra Memadukan Masakan Rumahan dengan Western Food

Sayur lodeh pasti sudah akrab di lidah Anda, satu menu rumahan yang rasanya sangat khas Indonesia. Lalu akan seperti apa rasanya jika sayur lodeh digabungkan dengan pasta?

Ide unik ini datang dari Chef Oka Diputra di sesi Cooking Demo di hari kedua Jakarta Eat festival (JEF) 2019, Jumat (30/8). Hari itu Chef Oka membawakan menu fusion Pasta Lodeh Ikan dipandu oleh Ayu Wardojo dari Masaktv. Dalam dunia masak, fusion food bisa diartikan sebagai peleburan beberapa masakan untuk menciptakan menu baru dengan cita rasa yang lebih inovatif. Biasanya perpaduan menu masakan Timur dan Barat. Dari mana datangnya ide menggabungkan sayur lodeh dengan pasta? “Kebetulan saya penggemar sayur lodeh. Mertua punya resep sayur lodeh yang menurut saya salah satu yang paling enak yang pernah saya makan. Itu kemudian digabungkan dengan resep pasta yang saya punya,” kata Chef Oka.

Sayur lodeh yang identik dengan masakan rumahan asli Nusantara digabungkan dengan pasta untuk menciptakan cita rasa yang unik, lezat, dan kekinian. Beberapa daerah di Indonesia punya resep sayur lodeh khas masing-masing. Untuk masakannya, Chef Oka menambahkan wortel untuk memberi rasa manis alami dan masakan menjadi lebih cantik ketika disajikan. “Kalau tidak mau pakai wortel, bisa diganti dengan sayur akar-akaran, seperti labu. Atau kalau berani berkesperimen bisa diganti dengan ubi-ubian,” kata Chef Oka. Agar tekstur sayur lodeh semakin kaya, tak lupa Chef Oka menambah ikan asin ke dalam racikan sayur lodeh. 

Sedangkan untuk pastanya, ia memilih jenis pasta Linguini yang ukurannya cukup tipis. Jika tidak ingin menggunakan pasta, ia menyarankan untuk menggunakan mi jenis misoa. Agar pasta tidak lengket, Chef Oka menyarankan untuk sering-sering mengaduk pasta ketika dimasak. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak sayur ketika pasta sudah matang dan dalam kondisi dingin. 

Karena fusion food menggabungkan cita rasa Indonesia dan western, Chef Oka mengganti penggunaan santan kelapa dengan tepung maizena yang diberi air. Sebagai pelengkap menu ini, tambahkan salmon panggang di atas pasta yang sudah disiram dengan sedikit kuah sayur lodeh. Hmmm…..sedap!Di penghujung acara, Chef Oka Diputra berpesan agar jangan takut mencoba meracik sendiri menu fusion, karena memasak itu tidak batasannya. Yang terpenting adalah cita rasa masakan. Dan yang paling penting, harus bangga dengan resep masakan asli Indonesia.